15 Tempat Wisata Jakarta Yang Bagus dan Murah

Jakarta khas dengan gedung-gedung pencakar langit dan fasilitas umum yang lengkap. Wisata Jakarta akan memanjakan para pengunjungnya dengan fasilitas bus City Tour. Anda bisa menikmati suasana ibukota tanpa biaya. Ya Anda bisa menikmati tempat wisata Jakarta yang bagus dan murah.

Wisata Jakarta dengan Fasilitas Bus City Tour

Fasilitas bus City Tour merupakan fasilitas bus dua tingkat dengan AC sehingga penumpang bisa menikmati perjalanan dengan nyaman. Ada tujuh jenis bus wisata, yaitu:

  • Tour dengan destinasi history of Jakarta menggunakan BW1
  • Jakarta Modern menggunakan BW 2
  • Untuk Jakarta Art and Culinary menggunakan BW 3
  • Jakarta Skyscrapers menggunakan BW 4
  • Selain itu, ada Jakarta Open Space menggunakan BW 5
  • Untuk Jakarta Heritage menggunakan BW6
  • Sedangkan Jakarta Shopping menggunakan BW 7

Bus ini memiliki 4 rute City Tour Jakarta yang berbeda. Seluruh bus beroperasi mulai dari hari Senin sampai hari Minggu. Terkecuali untuk rute kesenian dan kuliner yang hanya beroperasi di hari Sabtu.

Untuk menaiki bus City Tour Jakarta caranya mudah, Anda hanya perlu menunggu di salah satu halte bus sesuai tujuan. Selama dalam perjalanan, Anda akan mendapatkan penjelasan sejumlah tempat wisata Jakarta yang dilewati.

Agar terhindar dari keramaian, pastikan terlebih dahulu untuk memilih tempat duduk yang nyaman. Anda bisa memilih naik bus dari pemberhentian Juanda/ Istiqlal. Stasiun ini akan dilewati seluruh rute bus wisata ini, hanya saja tidak seramai di Monas atau Balai Kota.

Simak rute yang tersedia pada bus City Tour, antara lain:

Rute Sejarah

Untuk rute sejarah, bus City Tour akan melewati:

  • Istiqlal – Monas
  • Balai Kota – Irti
  • Museum Nasional – Gedung Arsip
  • Museum Bank Indonesia – BNi 46 – Pasar Baru.

Beroperasi pada hari Senin sampai Sabtu dari pukul 10.00 sampai 18.00 WIB. Khusus untuk hari Minggu beroperasi pada pukul 12.00 sampai 19.00 WIB.

Rute Jakarta Baru

Selanjutnya, Anda bisa memilih rute Jakarta Baru mencakup beberapa tempat, seperti:

  • Istiqlal – Monas
  • Balai kota – Irti
  • Sarinah – Plaza Indonesia
  • Museum Nasional – Pecenongan – Pasar Baru

Anda bisa menikmati wisata Jakarta menggunakan bus City Tour secara gratis. Jam operasional setiap hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 10.00 sampai 18.00 WIB. Sedangkan untuk hari Minggu mulai dari pukul 12.00 sampai 19.00 WIB.

Rute Kesenian dan Kuliner

Sedangkan untuk rute kesenian dan kuliner melewati rute, seperti:

  • Istiqlal – Monas
  • Balai Kota – Irti
  • Harmoni – Gedung Arsip
  • Museum Bank Indonesia – BNI 46
  • Sawah Besar – Pecenongan

Bus City Tour Jakarta untuk rute kesenian dan kuliner menggunakan BW3 beroperasi pada hari Sabtu. Jam operasional mulai dari pukul 18.00 sampai 23.00 WIB.

Ruang Terbuka

Masih ada rute ruang terbuka di Jakarta yang berangkat menuju beberapa tempat, seperti:

  • Balai Kota – Irti
  • Sarinah – Tosari
  • RPTRA – Kalijodo
  • Dukuh Atas – Tosari
  • Plaza Indonesia – Sarinah

Jakarta open space bisa Anda nikmati gratis setiap hari Senin sampai Sabtu. Jam operasional mulai dari pukul 10.00 sampai 18.00 WIB. Untuk hari Minggu, bus akan mulai beroperasi pukul 12.00 sampai 19.00 WIB.

15 Tempat Wisata Jakarta

Menikmati kota Jakarta tidak lengkap jika tidak berwisata di tempat-tempat favorit dan bersejarah. Berikut beberapa destinasi berdasarkan kategori tempat wisata yang bisa Anda kunjungi.

Sehari Naik Bus Wisata Jakarta Rute History

Jika Anda senang menghabiskan waktu senggang dengan berjalan-jalan, bisa mencoba wisata Jakarta rute history. Simak beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi, antara lain:

Museum Nasional

Salah satu bangunan bersejarah pertama yang menjadi destinasi, yaitu Museum Nasional. Anda bisa juga mengenalnya sebagai Museum Gajah, sebab halaman depannya terdapat patung berbentuk gajah.

Di dalam museum, Anda bisa menemukan benda-benda bersejarah pada zaman kerajaan Hindu-Budha. Ada bangunan candi dan arca yang didatangkan dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Selain itu, Anda bisa menemukan gamelan.

Gedung Arsip

Destinasi selanjutnya, yaitu Gedung Arsip yang terletak di jalan Gajah Mada nomor 111, Jakarta Barat. Dulu, gedung dengan gaya vintage ini merupakan kediaman Jenderal VOC.

Di bagian dalam gedung, Anda bisa melihat barang-barang kuno. Mulai dari senjata, lukisan dan barang-barang klasik dengan ukiran kayu, Bisa Anda lihat. Di halaman belakang terdapat lonceng yang fungsinya untuk memanggil tentara Belanda untuk apel.

Museum Bank Indonesia

Wisata Jakarta selanjutnya adalah Museum Bank Indonesia sebagai saksi bagaimana perkembangan mata uang Indonesia pertama kasi masuk. Anda akan mendapatkan edukasi lengkap mengenai jenis mata uang dan sejarah keuangan Indonesia.

Kota Tua Jakarta

Museum Fatahilah berada di Kota Tua menjadi saksi bisu zaman penjajahan Belanda. Umumnya, bangunan atau gedung di kawasan ini memiliki arsitektur khas Belanda.

Di Museum Fatahilah, Anda bisa melihat alat-alat dan penyiksaan pemerintahan Belanda terhadap pribumi. Anda juga bisa melihat ruang penjara bawah tanah dengan kapasitas sempit.

Wisata Jakarta Walking

Sudahkah Anda mencoba wisata Jakarta dengan berjalan kaki? Jakarta walking tour ini sangat menarik dan akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Untuk rutenya membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam. Sepanjang perjalanan, Anda akan menemukan tempat-tempat unik serta menarik. Simak rekomendasi wisata berjalan kaki berikut ini:

Pasar Baru

Di Pasar Baru, Anda bisa melihat bangunan-bangunan lama dan tempat ibadah bersejarah. Ada gereja Katedral dan masjid Istiqlal yang ikonik dan bersejarah. Selanjutnya, Anda bisa berkunjung ke Gedung Filateli yang awalnya berfungsi sebagai gedung pos.

Pasar baru menjadi destinasi terakhir dan menjadi pasar terlengkap. Anda bisa menemui berbagai macam aksesoris, baju, kain, dan elektronik. Tidak hanya itu saja, melainkan Anda juga bisa berwisata kuliner.

Pecinan

Rekomendasi selanjutnya, Anda bisa mengunjungi kawasan Pecinan yang ada di Jakarta Barat. Pecinan menjadi lokasi favorit untuk walking tour di Jakarta. Etnis Tionghoa menjadi salah satu kelompok yang banyak menghuni Jakarta dan memiliki sejarah panjang.

Anda berkesempatan untuk mempelajari berbagai budaya peninggalan etnis Tionghoa. Kawasan Glodok masih banyak peninggalan yang bisa Anda kupas tuntas.

Tempat Wisata Jakarta Populer Lainnya

Masih ada tempat wisata Jakarta populer lainnya yang bisa Anda kunjungi, antara lain:

TMII

Taman Mini Indonesia Indah menghadirkan wisata dengan tema unsur budaya Indonesia. Ada beraneka ragam tarian daerah, miniatur kepulauan Indonesia. Selain itu, Anda bisa menikmati kereta gantung dan memperluas wawasan dengan museum dan masih banyak lagi.

Ragunan

Jika ingin menikmati berbagai flora dan fauna, Anda bisa mengunjungi Ragunan. Mengajak seluruh anggota keluarga pasti sangat mengasyikkan. Sesi memberi makan hewan akan menjadi pengalaman yang menarik.

Jakarta Aquarium dan Safari

Wisata edukasi Jakarta Aquarium memberikan para pengunjungnya kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan fauna. Baik fauna yang tergolong akuatik dan non akuatik, bisa Anda temui di sini.

Dunia Fantasi

Taman hiburan Dunia Fantasi tergabung menjadi satu dengan Wisata Ancol. Dufan menyediakan berbagai wahana permainan yang akan memacu adrenalin Anda. Keseruan bermain bianglala, ontang-anting, halilintar dan masih banyak lagi.

Kampung Main Cipulir

Ingin wisata yang murah meriah? Anda bisa mewujudkan berwisata secara murah meriah di Jakarta dengan mengunjungi Kampung Main Cipulir. Ada berbagai macam fasilitas untuk keluarga, misalnya naik kuda, spot outbound, flying fox dan masih banyak lagi.

Kidzania

Tempat hiburan menarik lainnya adalah Kidzania. Selain bermain, anak-anak juga bisa belajar dengan aktivitas yang seru. Anak-anak bisa mencoba menjadi berbagai macam profesi yang seru.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Aktivitas bongkar muat yang ada di Pelabuhan Sunda Kelapa sudah disulap menjadi wisata bersejarah. Anda bisa melihat kapal-kapal yang bersandar dan bisa naik perahu dengan view Sunda Kelapa.

Ice Skating Mall Taman Anggrek

Tour city tour Jakarta selanjutnya yaitu ice skating yang ada di Mall Taman Anggrek. Indonesia tidak memiliki musim salju atau musim dingin sehingga bermain ice skating hanya bisa dilakukan di dalam ruangan.

Adanya fasilitas ini, memungkinkan Anda bermain bersama keluarga ataupun datang sendiri.

The Escape Hunt

Ingin memiliki pengalaman lain saat berwisata bisa memilih The Escape Hunt yang biasa ada di Sherlock Holmes. Pada wisata ini, Anda akan berperan sebagai detektif dan harus memecahkan beberapa masalah dalam waktu 60 menit.

Berbagai macam wisata Jakarta bisa Anda pilih untuk berlibur. Terlebih dihari libur baik akhir pecan, libur nasional dan libur hari raya tempat wisata di Jakarta ramai dikunjungi orang. Sebelum bepergian alangkah bijaknya Anda cari tahu rute untuk mencapai lokasi wisata agar liburan berkesan dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.