13 Destinasi Wisata Magelang Yang Lagi Hits

Jika berkunjung ke Magelang yang terlintas pertama kali, yaitu Candi Borobudur. Padahal ada banyak destinasi wisata Magelang yang bisa Anda jelajahi yang tak kalah menarik. Pesona kota ini sayang jika harus Anda lewatkan begitu saja. Karena wisata Magelang yang lagi hits dengan munculnya spot-spot wisata baru disputaran pegunungan yang tersebar diseluruh wilayah Magelang.

Magnet Wisata Magelang

Tidak dapat dipungkiri bahwa tempat wisata Magelang menjadi magnet bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Anda bisa menikmati perbukitan, sawah hingga air terjun sehingga liburannya berkesan.

Berjuluk Nepal van Java, Magelang memiliki pesona yang sayang untuk dilewatkan. Setiap bulannya terus bermunculan tempat wisata baru. Sehingga tidak terbatas hanya pada wisata candi saja yang bisa Anda kunjungi.

Sebelum berlibur ke Magelang, ada baiknya menetapkan jadwal tempat yang akan Anda kunjungi. Pilih beberapa tema yang bisa dikunjungi bersama keluarga atau pasangan.

Rekomendasi 13 Wisata Magelang yang Bisa Anda Kunjungi

Ada banyak rekomendasi tempat wisata Magelang yang bisa Anda kunjungi, antara lain:

Wisata Terasering Sitegong

Kawasan wisata Magelang terbaru Terasering Sitegong berada di Dusun Nampan Sukomakmur. Dikenal juga dengan Sukomakmur View Gunung merupakan hamparan persawahan dengan latar belakang Gunung Sumbing.

Beberapa spot foto bisa Anda pilih, antara lain Gardu Pandang Dua Tingkat berfungsi untuk melihat pemandangan ke area persawahan. Anda juga bisa duduk-duduk santai di tempat khusus beratap tumpukan kayu.

Harga tiket sangat murah hanya Rp5.000 per orang. Untuk jam operasionalnya mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB.

Getek Bambu

Wisata Magelang hits selanjutnya adalah wisata Getek Bambu yang terletak di Dusun Bujungan, Kecamatan Borobudur. Jaraknya hanya 2 kilometer saja dari Candi Borobudur, sehingga Anda bisa mengunjungi 2 lokasi sekaligus.

Wisatawan bisa melintasi sungai Progo dengan getek. Jika Anda datang di sore hari bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam.

Menjelajah pengalaman wisata unik ini, Anda harus menyiapkan biaya untuk tiket masuk sebesar Rp25.000 sampai Rp100.000 per orang. Wisatawan juga bisa menikmati beberapa hidangan yang umum, seperti ayam, soto, bakso dan makanan tradisional lainnya.

Untuk tiket geteknya saja, wisatawan dikenai tarif Rp30.000 yang muat untuk 6 orang. Operasional tempat wisata ini buka setiap hari Senin sampai Kamis mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu, buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Awang-Awang Sky View

Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi Awang-Awang Sky View yang berada di Gunung Telomoyo. Pengunjung bisa melihat pemandangan terbaik karena bisa melihat Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro.

Hamparan hutan pinus bisa Anda lihat dari dek kaca. Selain itu ada beberapa spot foto untuk melihat pemandangan.

Untuk berkunjung ke Awang-Awang Sky View bisa setiap hari. Untuk jam operasional mulai pukul 08.00 sampai 18.30 WIB. Harga tiket sangat murah sekitar Rp15.000 sudah termasuk sandal untuk melihat dari dek kaca.

Candi Borobudur

Jika pergi Wisata Magelang tidak lengkap tanpa mengunjungi wisata Borobudur. Sebagai bangunan candi terbesar di dunia, Borobudur menjadi salah satu keajaiban dunia.

Candi Borobudur dibangun pada zaman Mataram Kuno antara tahun 780 sampai 840 Masehi. Stupa-stupa berjejer luar biasa indah melengkapi bangunan candi. Disarankan untuk membawa topi dan kacamata hitam dan tidak lupa mengoleskan tabir surya.

Wisatawan lokal akan dikenai tarif Rp50.000 untuk usia 10 tahun ke atas. Sedangkan untuk anak usia 3 sampai 10 tahun cukup membayar Rp25.000. Jika Anda membawa rombongan minimal 20 orang akan mendapatkan harga tiket Rp25.000 per orang.

Nepal Van Java

Salah satu wisata alam Magelang yang bisa Anda kunjungi adalah Nepal van Java. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan. Rumah-rumah penduduk tertat bertumpuk seperti lereng gunung yang ada di Everest.

Anda akan dibuat takjub melihat panorama dari gunung dan ladang dengan udara yang sejuk. Untuk oleh-oleh, Anda bisa membeli dari UMKM setempat. Untuk mengunjungi Nepal van Jawa, Anda cukup membayar tiket Rp8.000.

Wisata Kopeng

Anda bisa mengunjungi wisata Magelang yang memiliki fasilitas lengkap, seperti penginapan, camping ground, outbound dan lainnya. Wisata Kopeng Magelang terletak di lereng Gunung Merbabu.

Tempat wisata alam yang mengagumkan ini menawarkan keindahan hutan pinus dan memiliki udara yang segar. Fasilitas lain yang ditawarkan antara lain restoran, billiard, resort keluarga, area gathering dan masih banyak lagi.

Untuk menikmati pemandangan di kawasan Kopeng, Anda cukup membayar tiket seharga Rp5.000 per orang.

Silancur Highland

Rekomendasi wisata Magelang 2022, yaitu Silancur Highland. Tempat wisata ini terletak di sebelah tenggara Gunung Sumbing. Pemandangan gunung yang terbentang berpadu dengan langit biru akan memanjakan mata.

Tidak jauh dari loket masuk, Anda bisa menemukan kebun penuh bunga berwarna-warni. Untuk wisata malam, Anda bisa camping atau sekedar nongkrong.

Untuk tiket masuk, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp10.000 per orang. Jika ingin berkemah, harus mengeluarkan biaya Rp15.000 per orang.

Tumpeng Menoreh

Destinasi Wisata Tumpeng Menoreh Magelang tengah viral di media sosial. Sebab, pengunjung bisa mendapatkan 3 view gunung sekaligus, yakni Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan Gunung Sindoro.

Selain menyuguhkan pemandangan yang mengagumkan, Anda juga bisa menikmati resto yang buka selama 24 jam. Pecinta sunset atau sunrise bisa menyaksikan keduanya.

Tumpeng Menoreh merupakan bangunan yang berbentuk heksagonal yang mirip tumpeng. Letaknya di perbukitan Menoreh yang dibuka mulai Mei 2021.

Jika Anda berangkat dari Yogyakarta, untuk sampai di wisata Magelang menempuh jarak 35 kilometer. Kondisi jalan menuju destinasi wisata ini sudah beraspal dan tidak terlalu curam.

Tidak ada spot foto yang dibuat instagramable, melainkan mengandalkan pesona alam yang masih asli. Cukup menyiapkan biaya untuk tiket masuk sebesar Rp25.000 atau Rp50.000 yang sudah termasuk voucher makan.

Tol Kahyangan

Wisata Tol Kahyangan Magelang merupakan jalan penghubung kawasan Bawang- Dieng. Letaknya di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang menghubungkan kawasan Desa Wonolelo dengan Desa Banyuroto.

Untuk mencapai Tol Kahyangan, Anda harus memulai perjalanan dari Magelang-Boyolali. Jarak yang harus Anda tempuh sekitar 29 kilometer dengan waktu tempuh satu jam.

Disebut sebagai Tol Kahyangan karena memiliki pemandangan yang menawan seolah-olah menembus kahyangan.

Javanica Park

Destinasi wisata Magelang yang sedang hits kali ini bernama Javanica Park yang instagramable. Berada di Jalan Javanica nomor 8, pengunjung bisa menikmati kolam renang indah. Deretan gazebo dengan suasana ala Bali akan membuat Anda nyaman.

Javanica Park buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 sampai 18.00 WIB di hari Senin, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Sedangkan di hari Selasa buka mulai pukul 19.00 sampai 16.00 WIB. Hari Rabu, destinasi wisata ini beroperasi mulai pukul 10.00 sampai 16.00 WIB.

Candi Umbul

Jika ingin berwisata sekaligus menambah pengetahuan mengenai situs bersejarah bisa mengunjungi Candi Umbul. Candi ini memiliki kolam pemandian air hangat yang masih berfungsi. Wisatawan bisa berenang untuk melepas stres dengan menikmati air hangat.

Candi yang berlokasi di Kecamatan Grabag, Magelang ini mudah diakses karena tidak jauh dari jalan utama. Anda bisa mengunjungi Candi Umbul mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Untuk tiketnya sangat murah, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp5.000 dan parkir Rp2.000.

Balkondes Magelang

Wisata Magelang yang satu ini wajib Anda kunjungi, letaknya sekitar 3,9 kilometer dari Candi Borobudur. Anda bisa menikmati berbagai akomodasi, seperti akses restoran, taman dan masih banyak lagi.

Jika ingin mencari tempat menginap, Balkondes Magelang menjadi rekomendasi utama karena tempatnya yang sejuk dan sepi sangat cocok untuk menghilangkan penat.

Akses balkon dan WiFi bisa Anda nikmati. Selain itu, terdapat fasilitas spa dan rekreasi untuk keluarga.

Alun-Alun Magelang

Berkunjung ke Magelang tidak afdol jika tidak berkunjung ke alun-alun. Wisata murah meriah ini juga menyenangkan dengan ikon Patung Diponegoro dan air mancur yang indah.

Alun-alun Magelang ini tidak pernah sepi karena memiliki fasilitas lengkap mulai dari area olahraga hingga tempat ibadah.

Menikmati wisata Magelang tentunya memberikan kesan yang menarik jika Anda dan keluarga berhasil menyelesaikan perjalanan dengan nyaman. Tetap patuhi protokol kesehatan selama liburan bersama keluarga dan pasangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.